Contoh Laporan Analisa Dalam B.Indonesia

Handwriting and doodling analysis report

Graphologist: Putro Perdana

Client: ANAGRAM (bukan nama sebenarnya)

16 – 03 – 2011

Personality and Character

Dari tulisan tangan ANAGRAM, terlihat adanya kebutuhan physical activity yang cukup tinggi. ANAGRAM membutuhkan penyaluran berupa aktivitas fisik seperti olahraga dan hal hal yang memacu adrenalin. Apabila physical activity ini tidak tersalurkan dengan baik, ada kecenderungan untuk munculnya perilaku agresif berupa violence. Jenis tulisan ANAGRAM termasuk dalam kategori dominant lower-zone. Dalam grafologi, lower-zone mendefinisikan ambisi, kebutuhan material, serta physical activity. Ada keinginan dalam diri ANAGRAM untuk mendapatkan ketiga hal tersebut.

ANAGRAM juga mampu mengekspresikan emosinya kepada orang lain. Ia akan terlihat sedih ataupun senang apabila ia sedang merasakan perasaan tersebut. ANAGRAM termasuk pribadi yang ekstrovert dan mampu untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosialnya. Ia mampu mendengarkan pendapat orang lain sebagai masukan dalam pengambilan keputusan. Kebutuhannya untuk berinteraksi dengan orang lain, juga terlihat dari keaktifan dirinya untuk terlibat langsung dalam setiap kegiatan. ANAGRAM adalah pribadi yang sangat aktif.

Self-confidence yang dimiliki ANAGRAM cukup baik. Ia mampu tampil dihadapan publik tanpa harus merasa malu. Namun karena adanya kepercayaan diri yang cukup tinggi ini, membuat ANAGRAM rentan terhadap kritik. Ia kurang senang apabila ada orang yang mengkritik dirinya tanpa memberikan solusi. Selain itu, Self-esteem (penghargaan terhadap diri sendiri) dalam diri ANAGRAM cenderung agak rendah. ANAGRAM terkadang kurang mampu menghargai dirinya sendiri, walaupun sebenarnya ia telah mencapai prestasi tertentu.

ANAGRAM termasuk pribadi kurang yang mampu mengatur daily routine dan jadwal kegiatannya. Terkadang secara tidak sadar ia menumpuk dua atau lebih jadwal kegiatan yang dilakukan pada waktu yang sama. Apabila dalam keadaan tertekan secara berlebihan, ada kecenderungan ANAGRAM untuk mengeluarkannya secara agresif. Namun ANAGRAM bukanlah pribadi yang tidak punya visi terhadap masa depannya. Adanya keinginan kuat dalam diri ANAGRAM untuk terus proggress maju ke depan. Ia ingin menjadi seseorang yang lebih baik dan meninggalkan apa yang sudah berlalu dalam hidupnya.

Dalam bersosialisasi, ANAGRAM bukan tipe orang yang mudah percaya begitu saja pada seseorang yang ia kenal. Ada sikap hati-hati setiap kali ia berinteraksi dengan orang baru.  Namun ANAGRAM termasuk pribadi yang cukup humoris, dan senang diajak bercanda. Hal ini yang membuat dirinya disenangi oleh lingkungan sosialnya. Dalam hasil analisa doodle test, terlihat ia memiliki banyak teman dekat (close-friend) dan teman teman biasa (casual friend)


Suitable Career

ANAGRAM memiliki jiwa kompetisi yang sangat kuat. Ia dapat memacu dirinya sendiri agar tidak boleh kalah dengan orang lain. Dalam bekerja dan berkarir, jiwa untuk berkompetisi ini akan lebih terlihat. Saat ini ANAGRAM sangat tertarik dan ingin mewujudkan keinginannya sebagai seorang eksekutif. Dengan semangat berkompetisi yang tinggi, hal ini akan lebih realistis untuk terwujud.

Dalam bekerja, ANAGRAM termasuk orang yang kreatif dan berpikir out of the box. Ia kurang suka bila harus melakukan pekerjaan yang terikat dengan aturan aturan yang kaku. Apabila ia bekerja dalam kondisi terikat aturan seperti itu, cenderung akan bertabrakan dengan kreativitasnya. Walaupun begitu, self-discipline yang dimiliki ANAGRAM sangat baik. Ia mampu untuk melakukan kedisplinan dalam bekerja.

Berdasarkan kepribadian ANAGRAM yang memiliki semangat kompetisi yang kuat, cara berpikir yang kreatif, dan juga adanya jiwa ambisi, maka ANAGRAM akan merasa nyaman apabila ia bekerja sebagai seorang entrepeuner.

Kecepatan tulisan tangan yg gesit, tidak ada coretan awal pada huruf, menunjukan ANAGRAM adalah seseorang yang berkarakter quick starter.Tekanan tulisannya yang cukup kuat, adanya hook pada huruf lower-zone,menunjukan sifat ambitiousness. ANAGRAM juga termasuk orang yang mampu mengambil resiko (risk-taking). Ini terlihat dari tulisannya yang berhenti cukup jauh dari batas margin kanan, serta memiliki keunikan pada huruf huruf tertentu. Sifat risk-taking ini dapat menjadi penyaluran adrenalin dalam diri ANAGRAM yang perlu disalurkan. Namun perlu ditekankan, bahwa harus ada perhitungan resiko (risk-analysis) yang tepat sebelum mengambil suatu keputusan.

Kemudian, yang juga menunjang adalah jiwa dan semangat kompetisi yang nantinya akan membuat kreatifitas ANAGRAM berada pada titik maksimal. Hampir kesemua karakteristik yang dimiliki ANAGRAM sangat diperlukan dalam bidang entrepenur. Dengan latar belakang pendidikannya saat ini sebagai seorang mahasiswa ilmu adminstrasi FISIP, akan sangat menunjang kesempatannya berkarir di bidang ini.


1 Comment

Filed under Handwriting Analysis Example

One response to “Contoh Laporan Analisa Dalam B.Indonesia

  1. aan

    Mas bisa baca karakterku lewat tulisanku ga? Mesti kirim kemana sampelnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s